Selasa, 11 Oktober 2011

Makanan Unik dari Kota KUNINGAN "Rujak Kangkung"


Saat liburan semester kemarin kita berlibur ke tiga kabupaten diantaranya banjar,ciamis dan kuningan. Dikuningan lah kita menjelajahi makanan khas. Sayangnya waktu kita Cuma satu hari untuk menjelajah di kota kuda tersebut. Kuningan adalah kota yang terletak di bawah kaki gunung tertinggi di jawa barat “gunung Ciremai”. Makanan dan objek wisatanya cukup unik gan . tak biasa di sebutin satu persatu namun kita mencoba salah satu makanan yang cukup menarik . “rujak kangkung”. Pokoknya makanan satu ini dikenal sebagai RUJAK KANGKUNG, atau bisa ditambahin dengan kata DADAKAN. Ya, karena emang kangkung nya direbus secara dadakan, ketika ada orang yang mau beli, barulah kangkungnya di rebus. Macam mie ayam saja gitu, mie nya harus direbus dulu.hehehe..


Dimana nama rujak kangkung dadakan ini berasal, yaitu tepatnya yakni di Desa Cipondok, kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.. halah.. lengkap amat yah..hehehe. Ya, Rujak Kangkung Dadakan Khas Cibingbin mungkin nama lengkapnya.

Salah satu makanan khas kuningan yang sekarang mulai digandrungi banyak orang. Makanan ini sudah ada di berbagai tempat di wilayah Kabupaten Kuningan. Makanan ini dikemas dengan menarik, sehingga saat ini makanan rujak kangkung menjadi pilihan alternatif jajanan warga Kuningan. Makanan ringan sudah mencoba merambah ke luar kabupaten Kuningan.


Yang enak dari makanan ini adalah harganya murah, agak pedas, manis, dan akan lebih enak apabila minumannya adalah kelapa muda yang khas.
Dengan bahan dasar sayuran Kangkung yang mudah didapat di pasar-pasar dan bumbu yang sederhana anda sudah dapat menikmati sensasi nikmat sehat dari penganan khas Kuningan ini. Ya, Rujak Kangkung menjadi salah satu trend makanan sehat yang banyak di sukai dewasa ini.
Salah satu yang terkenal adalah Rujak Kangkung Dadakan Ibu Deni

Untuk membuatnya, berikut adalah beberapa hal yang harus disiapkan. Bahan utama Kangkung dan bumbu berupa: 2 buah bawang merah (bakar), 5 buah cabe, merah+ijo, 1 cm terasi (bakar), 2 sdm asem jawa, 1/2 sdt garam, 4x4 cm gula merah (untuk yang suka rasa manis). Cara membuatnya Rebus kangkung dan tiriskan. Haluskan semua bumbu dan tuangkan keatas kangkung, atau juga dapat dengan cara di"cocol".

Selamat mencoba guys 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar